8 Hal Penting yang Harus Ada di CV Kamu Biar Dilirik HRD

Kamu mahasiswa Unimal yang baru lulus kuliah dan lagi seru-serunya job-hunting alias nyari kerjaan? Bingung kok sampai sekarang CV atau daftar riwayat hidupnya belum ada yang jebol? Hmm, mungkin kamu perlu mengubah sedikit CV kamu supaya terlihat outstanding dan melihat contoh daftar riwayat hidup yang menarik.

Tahukah kamu? Dalam setiap perusahaan, mungkin tidak hanya CV kamu yang diterima pada kotak masuk (inbox) surat-menyurat perusahaan tersebut. Mungkin CV kamu ditumpuk di tengah-tengah di antara ratusan atau bahkan ribuaaaan CV pelamar lainnya. Lalu, gimana caranya kamu mampu meyakinkan pihak HRD atau pihak perusahaan tempat kamu mengirim CV untuk melamar kerja bahwa kamulah yang terbaik dan pantas bekerja dibandingkan pelamar lain? Cuma modal ngaku-ngaku alumni Unimal? Yakin? Coba itung ada berapa banyak alumni Unimal yang juga apply ke perusahaan tersebut? Kamu doang?

Well, selamat ya. Ternyata nggak kamu doang. Jadi, gimana caranya supaya dia tertarik melihat CV kamu? Ada beberapa trik & cara yang berhasil dikumpulkan untuk membuat CV kamu dilihat oleh HRD, spesial buat kamu! Berikut di antaranya:

Format CV Menarik dan Professional

Format CV Menarik dan Professional. (Sumber:)

Tampilkan keunikan dan keunggulan kemampuan personal kamu. CV kamu harus mampu merepresentasikan kompetensi, pengalaman, dan gaya presentasi diri kamu. Profesional yang dimaksudkan di sini tak harus bersifat formal dan membosankan, melainkan kamu harus membuat diri kamu tampil semenarik mungkin  pada CV yang kamu buat.

Singkat dan Padat

Kayaknya, mending CV harus singkat dan padat aja deh. (Sumber: hotneukpophj)

Jangan terlalu banyak membuang halaman, CV sebaiknya dibuat singkat dan padat. Agar pembaca tidak bosan, panjang CV disarankan maksimal dua halaman.

Data Diri Lengkap

Data Diri Lengkap. (Sumber: baike.m.sogou)

Cantumkan alamat profesional kamu, termasuk nomor handphone dan e-mail untuk korespondensi. Pastikan email kamu bukan nunaCh4nti9ue89@yahoo.com yah! Pastikan juga semua data komunikasi yang kamu isikan, dapat dihubungi kapan saja oleh penerima CV. Di dunia professional, seseorang bisa dikatakan “professional” atau “tidak professional” hanya dengan menilai apakah ia sanggup mengangkat telepon kapan pun dibutuhkan.

Bertujuan Jelas

"Ih, CV apaan nih?!" (Sumber:)

Tuliskan jabatan yang dituju, sesuai kode yang perusahaan berikan, jika ada. Serta utarakan kenapa kamu memilih perusahaan tersebut. Pastikan kamu melamar pada perusahaan yang pekerjaannya sesuai dengan passion kamu, atau setidaknya kamu menyukainya. Jika tidak, sebaiknya tidak usah melamar. Setiap perusahaan mencari pegawai yang mencintai apa yang dikerjakannya dan mengerjakan apa yang dicintainya.

Referensi: anakui.com/2015/06/15/8-hal-paling-penting-yang-harus-ada-di-cv-kamu-biar-dilirik-hrd/

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Career Development Center Universitas Malikussaleh © 2017