Dosen, Inovator dan Inventor Universitas Malikussaleh Belajar Bersama Hak Kekayaan Intelektual

belajar_bersama_hki_unimal

LHOKSEUMAWE – Untuk melindungi karya Dosen, Inovator dan Inventor, Universitas Malikussaleh akan menyelenggarakan kegiatan Belajar Bersama Tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada hari Selasa, tanggal 12 Agustus 2016, di Aula Meurah Silu, Gedung Pascasarjana Universitas Malikussaleh. Adapun materi yang dipelajari dalam Belajar Bersama tersebut adalah keseluruhan jenis-jenis kekayaan intelektual seperti Hak Cipta, Paten, Merek, Desain Industri, Rahasia Dagang, dll. Disamping itu juga akan dipelajari tentang prosedur pengajuan atau pengurusannya.

“Pengetahuan tentang HKI sangat penting untuk melindungi hasil karya Dosen di lingkungan Universitas Malikussaleh dalam rangka pengurusan pangkat dan fungsional serta perlindungan terhadap hasil inovasi dan invensi lainnya. Selain itu, HKI sangat diperlukan oleh Perguruan Tinggi untuk mendapatkan nilai dalam borang akreditasi. Tetapi dalam hal ini sering kali ditemui kesulitan dalam mendapatkan HKI, karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki mengenai cara pembuatan dokumen, prosedur pengajuan atau pengurusannya. Akhirnya dalam pengurusan pangkat dan fungsional dosen dan pengurusan akreditasi jurusan, fakultas, dan universitas sering terkendala masalah HKI dan cenderung dibiarkan kosong. Begitu juga para inovator dan inventor banyak yang tidak mempunyai HKI, karena mengalami berbagai keterbatasan.” Demikian disampaikan oleh Dosen Unimal, Ibrahim Qamarius yang akan menjadi Pemandu Belajar Bersama tersebut.

Adapun tujuan Belajar Bersama HKI ini adalah untuk mempermudah Dosen, Inovator dan Inventor di lingkungan Universitas Malikussaleh dalam mendapatkan HKI pada setiap karyanya. Serta dapat memberikan nilai tambah bagi Universitas Malikussaleh dalam mengurus akreditasi jurusan, fakultas dan universitas. Lanjut Ibrahim Qamarius yang merupakan pemegang Sertifikat HKI Pembatatasan Transaksi Tunai, Otonomi Rakyat Indonesia, dan lain-lain.

Adapun Peserta Belajar Bersama terdiri dari Dosen, Inovator dan Inventor di lingkungan Universitas Malikussaleh. Bagi Dosen, Inovator dan Inventor di lingkungan Universitas Malikussaleh dapat mendaftar di kantor CDC dan LPPM Universitas Malikussaleh selambat-lambatnya tanggal 10 Agustus 2016.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Career Development Center Universitas Malikussaleh © 2017