Unimal Ditunjuk Kemenristekdikti Mendampingi Inovasi Energi Listrik Pohon Kedondong

Jakarta – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi telah menunjuk Universitas Malikussaleh untuk melakukan pendampingan pada Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong yang ditemukan oleh Naufal Raziq, bocah Kelas III Madrasah Tsanawiyah Negeri Negeri Langsa Lama, Kota Langsa, Provinsi Aceh.

“Kami dipercayakan oleh Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Ditjen Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti untuk mendampingi Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong yang ditemukan oleh Naufal Raziq”. Demikian disampaikan Pembina Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh, Ibrahim Qamarius, Senin (15/5/2017).

Lebih lanjut disampakan, begitu informasi Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong (Spondias Dulcis Forst) mencuat, Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Ibu Retno Sumekar langsung menelpon kami, dan mengundang kami agar hadir ke Jakarta untuk membicarakan pendampingan tentang penyempurnan inovasi Naufal tersebut.

Sesuai hasil pembicaraan pada rapat dengan Tim PPBT di Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, pada hari Senin, tanggal 15 Mei 2017, untuk tahap awal Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Kemenristekdikti akan membantu Inovasi Naufal melalui Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) 2017. Adapun pendampingan yang akan dilakukan meliputi penelitian penyempurnaan teknologi, sehingga menghasilkan inovasi yang ilmiah. Selain itu direncanakan pendampingan legalitas dan pengembangan kapasitas lainnya.

Penelitian penyempurnaan Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong temuan Naufal akan dipimpin oleh Dr Rozanna Dewi ST MSc (Kepala Inkubator Bisnis CDC Unimal), dengan anggota Dr M Daud Nurdin, Amri ST MT dan Arnawan ST MT (Teknik Elektro), Dr Adi Setiawan (Teknik Mesin), Dr Laila Nazirah (Agroekoteknologi/Pemuliaan Tanaman), Dr Yusra (Ilmu Tanah), Yulius Dharma MSi dan Anwar Puteh SE MEc (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), Ibrahim Qamarius, Yusriadi SE MSM dan Safrizal SP MSi  (Inkubator Bisnis), Sofyan Jafar SH MH (Hukum), dll.

Sebelum rapat dengan Tim PPBT, pihak Unimal telah beberapa kali bertemu Naufal dan keluarganya untuk membicarakan tentang pendampingan, dimana keluarga Naufal sangat senang dengan pendampingan tersebut. Keluarga Naufal juga sudah membicarakan rencana pendampingan dari Unimal dengan PT Pertamina EP yang selama ini membina inovasi Naufal.

Rektor Universitas Malikussaleh Prof. Dr. Apridar, SE, M.Si menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Kemenristekdikti kepada Unimal untuk  pendampingan Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong yang ditemukan oleh Naufal Raziq.

Selamat dan sukses untuk Naufal, Mutiara Indonesia dari Tanah Rencong !

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Career Development Center Universitas Malikussaleh © 2017